Kemenpora Umumkan Pemenang Lomba Foto Asian Para Games 2018

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Momentum kesuksesan penyelenggaraan dan prestasi Asian Para Games 2018 sungguh membanggakan. Semua yang terlibat termasuk hasil jepretan kamera para wartawan dan khalayak umum menjadi bagian sejarah tak terlupakan. Di saat upacara HSP ke-90 di Halaman Kemenpora, Minggu (28/10), diumumkan para pemenang lomba foto yang disenggarakan Humas Kemenpora tersebut. 

Sejumlah 22 wartawan media nasional yang meliput Asian Para Games dan 43 masyarakat umum yang mengabadikan peristiwa bersejarah tersebut ikut ambil bagian dengan mengirim 218 foto untuk masuk dapur penilaian. Para praktisi yang profesional di bidang fotografi dilibatkan dan pada tanggal 22 Oktober mulai mengadakan penjurian dengan tiga kriteria utama yaitu aspek teknis, visual estetika, dan konsep yang ingin ditampilkan sesuai tema yang disodorkan. 

"Momentum itu sudah lahir, momentum Asian dan lebih khusus lagi Asian Para Games, dimana Indonesia disamping sukses sebagai penyelenggara yang sudah diakui kesuksesannya oleh bagsa-bangsa Asia juga sebagai peserta yang mencatatkan prestasi terbaiknya didalam sejarah keikutsertaannya. Sehingga siapapun dan apapun yang terlibat merupakan bagian dari sejarah yang membanggakan itu," ujar Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Soleh. 

Selanjutnya, Kepala Bagian Humas Kemenpora Nuristya Agus Lesmana menyampaikan bahwa dari semua foto yang diseleksi akhirnya diputuskan oleh Dewan Juri pemenangnya, yang terdiri dari kategori wartawan, umum, dan foto-foto favorit. Untuk wartawan, Juara I Agus Susanto, judul "Fadli Kembali". Juara II Akbar Gumay, judul "Ukun Terbang Menjangkau Kok". Juara III Nurul Hidayat dengan judul "Emas Bagi Negeri". 

Adapun untuk kategori umum, Juara I Ratna Damayanti berjudul "Bersatu Kita Teguh Bersama Kita Bisa", Juara II Ilman Hidayat judul "Panahan Jepang", dan Juara III Surjadi Martana dengan judul "Bersaing Ketat". Sedangkan untuk favorit dimenangkan oleh Herka Yanis "Bendera Kemenangan", Muhammad Iqbal Ichsan "Bersama Bisa Juara", Arief Adhari "Nyalakan Semangat", Helmi Fitriansyah "Senyum Kemenangan", dan Surjadi Martana "Balap Kursi Roda". 

Para pemenang akan menerima apresiasi berupa hadiah uang, untuk kategori wartawan dan umum Juara I Rp 3.500.000,- Juara II Rp 2.000.000,- dan Juara III Rp 1.000.000,- serta untuk para Juara Favorit masing-masing mendapatkan Rp 750.000,- (p/ab)